Erwin Rii Kilo Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Sebowuli bersama timnya saat penjaringan bakal calon Kades Sebowuli

NGADA, fortiternews.com – Panitia Pemilihan Kepala Desa Sebowuli, Kecamatan Ine Rie, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan penjaringan bakal calon Kepala Desa Sebowuli untuk Periode 2019-2024 selama empat hari dari hari Kamis (11/10/2018) hingga hari Minggu (14/10/2018). Panitia ini berjumlah Sembilan orang dengan Ketua Panitianya yang merupakan anak muda di Desa tersebut yakni Erwin Rii Kilo.

Saat dihubungi Wartawan Fortiternews.com lewat panggilan telepon pada hari Selasa (16/10/2018) pukul 18.00 wita, Erwin Rii Kilo menjelaskan jika panitia ini terbentuk setelah adanya musyawarah masyarakat Desa Sebowuli yang menginginkan adanya pemimpin baru untuk Desa Sebowuli Periode 2019-2024.

“untuk periode sebelumnya yang dipimpin oleh Bapak Thomas Pea itu sudah selesai masa baktinya. Jabatan Kepala Desa Sebowuli untuk beberapa bulan selama tahun 2018 ini dipimpin oleh Yohanes Ago sebagai Penjabat Kepala Desa. Karena adanya kerinduan akan pemimpin baru untuk menjalankan stabilitas Pemerintahan Desa Sebowuli maka masyarakat meminta supaya segera diadakan penjaringan bakal calon,” jelas Erwin.

Menurut Erwin Rii Kilo hasil penjaringan bakal calon Kepala Desa ini terdiri dari Dusun Pomasule berjumlah 11 orang, Dusun Poma, 10 orang, Dusun Watu 8 orang, dan Dusun Nenonusa 18 orang.

“ini kan masih penjaringan sesuai dengan Perda Kabupaten Ngada Nomor 6 Tahun 2017 tentang pemilihan Kepala Desa dan mengatur bahwa setiap masyarakat Dusun mengusulkan bakal calonnya. Sesuai dengan Perda tersebut maka kami lakukan penjaringan, kami sinkronkan dan kami dapatkan hasilnya 21 bakal calon. Setelah itu kami keluarkan surat yang meminta para bakal calon untuk menyerahkan kelengkapan administrasi sesuai juknis dari Pemda Ngada itu dari tanggal 15 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 27 Oktober 2018,” terang Erwin yang jago bermain bola volley ini.

Saat ditanya mengenai jumlah bakal calon yang akan diseleksi sampai menjelang tahap pemilihan, Erwin Rii Kilo mengatakan jika pihaknya bekerja sesuia dengan peraturan yang meminta minimal 2 orang bakal calon dan maksimal 5 orang bakal calon.

“kalau misalnya dalam verifikasi administrasi para bakal calon ini tidak memenuhi 20 persyaratan dan tidak memasukan sesuai persyaratan itu maka yang bersangkutan dianggap gugur. Syarat untuk bakal calon itu adalah Warga Negara Indonesia, minimal berusia 25 tahun pada saat pendaftaran, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Mengakui Pancasila dan UUD 1945, tidak pernah dihukum pidana maksimal 5 tahun dengan putusan pengadilan yang mengikat, serta persyaratan lain yang wajib dipenuhi termasuk bersedia tinggal di Desa jika terpilih,” ucap Erwin menjelaskan.

Dirinya juga mengaku sangat senang sebab Warga Desa Sebowuli sangat terbuka dan antusias dalam mengusulkan para bakal calon ini. Dari usulan yang diterima timnya lebih dari 70 orang bakal calon diusulkan oleh warga Desa Sebowuli.

“banyak yang mengusulkan orang-orang muda yang berkompeten. Warga kita sangat luar biasa. Selain merindukan pemimpin baru yang visioner namun ini juga bentuk dari sikap demokrasi yang mulai bertumbuh di akar rumput. Kami sangat mengapresiasi ini,” tambahnya.

Sedangkan untuk verifikasi sendiri akan berlanjut sampai tanggal 2 November 2018, setelah itu tanggal 3 November 2018 sampai tanggal 6 November 2018 akan dilanjutkan dengan pengumuman serta laporan kepada masyarakat, tanggal 7 November 2018 dilakukan penetapan calon, tanggal 10 November 2018 akan ada pengundian terbuka terhadap calon yang ditetapkan, tanggal 27 November 2018 dilakukan pemilihan Kepala Desa yang baru dan pelantikan Kepala Desa Sebowuli yang baru itu pada tanggal 20 Desember 2018.

Yohanes Ago Penjabat Kepala Desa Sebowuli saat dikonfirmasi Wartawan Fortiternews.com lewat panggilan telepon pada hari Selasa (16/10/2018) pukul 19.30 wita mengapresiasi kerja Panitia Pemilihan Kepala Desa Sebowuli.

“mereka sangat luar biasa melaksanakan tugas yang diberikan masyarakat Desa Sebowuli. Mereka orang-orang muda yang memiliki sikap pengabdian yang tulus untuk Desa Sebowuli. Saya juga merasa bangga bahwa masyarakat Desa Sebowuli sudah mulai berdemokrasi secara baik,” kata Jojon demikian dirinya biasa disapa.

Yohanes Ago Penjabat Kepala Desa Sebowuli

Lebih lanjut mantan Sekretaris Desa Sebowuli ini mengingatkan kepada segenap masyarakat Desa Sebowuli untuk secara sehat mendukung para bakal calon yang menjadi jagoannya masing-masing. Dirinya berharap agar jangan sampai terjadi perpecahan bahkan permusuhan hanya karena pemilihan Kepala Desa atau pun pileg dan pilpres yang akan datang. (aa/fn)

2 KOMENTAR

  1. Luar biasa sebowuli kelimpahan kader. Semoga moment pilkades dpt memperkokoh komitmen kekeluargaan sbg masyarakat yang maju secara SDM, sehingga dpt berdampak baik pada pembangunan desa Sebowuli kedepannya. Salam arak sebowuli, kompak selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here