Panorama Pantai Kolbano

Menjelajahi Indonesia dengan segala keindahan alamnya yang melimpah membuat kita merasa ingin selalu pergi lebih jauh dan jauh lagi. Keanekaragaman suguhan alam pasti menjadi keseruan tersendiri bagi para penikmat alam. Selain itu, anugerah Tuhan yang menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan membuatnya dikelilingi oleh pantai-pantai nan elok.

Bagi kalian pecinta semilir angin dan deburan ombak pantai, wajib sekali mengunjungi pantai Kolbano yang ada di Nusa Tenggara Timur ini. Bukan hanya indah, tetapi pantai yang satu ini sangat unik. Dijamin kalian akan terpukau akan semua yang disuguhkan pantai yang satu ini. Apa saja sih keunikannya?

Pantai merupakan spot alam yang menyimpan sejuta keindahan, pesona wisata alam yang satu ini memang digemari siapapun. Mulai dari orang tua, anak muda, sampai anak-anak pasti senang berlibur di pantai. Selayaknya pantai, pasti suasana khasnya akan sangat terasa. Suara ombak yang memecah tebing, gelombang yang beriringan, semilir angin yang membuat kita betah dan pastinya pesona pasir pantai yang selalu membuat rindu. Tak lupa sajian matahari terbenam yang selalu membuat siapa saja terpukau.

Namun, keistimewaan berbeda akan dijanjikan di pantai yang satu ini. Terletak di kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pantai Kolbano akan membuat kalian betah dengan segala keunikannya. Gak percaya? Cek dulu yang satu ini!

Keunikan apa sih yang sebenarnya tersimpan di pantai Kolbano? Berbeda dengan pantai lain, di pantai yang satu ini kamu tidak hanya menemukan pasir putih saja, namun kamu juga akan menemukan hamparan kerikil cantik yang berwarna-warni! Bukan hanya warna warni, kamu akan menemukan batu dengan berbagai bentuk, bahkan batu bercorak. Batu kerikil berwarna merah, putih, kuning dan hitam mendominasi, jika beruntung kalian juga akan menemukan batu dengan kombinasi tiga warna.

Bagaimana Cara Menuju Pantai Kolbano?

Untuk menuju Pantai Kolbano terdapat penerbangan dari Jakarta menggunakan pesawat dengan tujuan Kupang dengan lama perjalanan hampir 6 jam. Setibanya di kota Kupang, terdapat dua pilihan yang bisa kalian lakukan yakni, menginap semalam di Kupang atau langsung melakukan perjalanan lagi ke pantai seribu kerikil ini.

Nah, hal lain yang harus diperhatikan adalah terdapat bus dari terminal Kupang yang hanya melakukan satu kali perjalanan yaitu pukul 06.00 WITA. Jika kalian ingin berkendara sendiri, lokasi pantai ini berjarak ± 80 km arah selatan Kota Soe dan dapat ditempuh dalam waktu ± 1,5 – 2 jam atau 3 jam dari kota Kupang. Setelah melewati perjalanan darat, kalian bisa mencari tempat singgah di pemukiman penduduk sekitar dengan sistem sewa atau pilihan lain kalian dapat menginap di Mess Pemda Timor Tengah Selatan.

Namun, dibalik keindahan dan keunikannya ternyata Pantai Kolbano terancam oleh eksploitasi para penambang kerikil yang menjadikan Pantai Kolbano sebagai lahan bisnis yang menjanjikan. Kerikil cantik nan unik ini menjadi incaran mereka serta dikirim ke berbagai daerah di dalam maupun luar NTT untuk dijadikan sebagai hiasan taman rumah ataupun hotel.

Selain keindahan batuan kerikilnya, disini terdapat sebuah bongkahan batu besar yang berada di pinggir pantai. Masyarakat setempat menyebutnya Fatu Un. Batu yang juga ditumbuhi pohon ini menjadi keunikan tersendiri dan bisa dijadikan spot untuk berfoto.

Belum puas dengan spot jeprat-jepret di sini? Tenang masih ada lagi, kok! Jangan lewatkan suguhan panorama sunrise dan sunset di Pantai Kolbano yang akan memanjakan mata kalian. Tertarik untuk menghabiskan liburan di Pantai Kolbano yang unik ini? Kesini aja!

 

*Tulisan Hilal Guswati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here