NGADA, fortiter news – Hari Jumat (5/10/2018) pukul 09.20 wita bertempat di Makodim 1625/Ngada berlangsung upacara peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia ke-73 dengan tema Profesionalisme TNI untuk rakyat dan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Letkol If I Made Putra Suartawan, Perwira upacara Lettu Arm Lalu Maryadi Akbar, dan Kapten If I Komang Sumandana.

Upacara tersebut dihadiri oleh Wakapolres Ngada Kompol I N Surya Wirayawan, SH, Dan Posal Nagekeo Pelda SAA Suntoko, SE, Ketua Pengadilan Negeri Bajawa Herbert Harefa, SH. MH, Karutan Kelas 2 Bajawa Mustawan, S.ip, MH, Kepala BRI Cabang Bajawa Dwi Wahyu Kurniawan, dan Pimpinan Gereja Ebenhaezer Bajawa Pdt. Merkury Deltario Sine, S.Th.

Sedangkan untuk peserta upacara terdiri dari Anggota Kodim 1625/Ngada, Anggota Polres Ngada, Anggota Rutan Kelas II Bajawa, Anggota Satpol PP, Persit KCK Cabang XXIII Kodim 1625/ Ngada, dengan jumlah hampir 150 orang.

Inspektur Upacara adalah Letkol If I Made Putra Suartawan dalam amanat upacaranya menyampaikan bahwa TNI bersama-sama dengan berbagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu-membahu sekuat tenaga meringankan beban yang diderita korban bencana alam di Palu Donggala dan telah mengarahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan memberikan pengamanan serta memulihkan sarana dan prasana.

“apa yang dilaksanakan di lokasi bencana baik pengerahan personil maupun alutsista adalah sebagian dari bentuk profesionalisme TNI. Tema profesionalisme TNI mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan latihan persenjataan alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia profesional diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan wilayah serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan,” tegas Suartawan

Menurut Suartawan juga dijelaskan jika pembangunan sarana prasarana dan pemenuhan alutsista terus dilaksanakan di 4 satuan baru yaitu divisi Infanteri 3 Kostrad di pakatto Sulawesi Selatan, Koarmada 3 di Sorong, 3 di Biak dan Pasmar 3 Sorong serta dalam waktu dekat akan diresmikan pangkalan TNI terpadu Natuna sebagai pangkalan operasi TNI yang mengandung kekuatan tiga matra dalam tugas-tugas lain.

Dirinya juga mengajak dan mengharapkan netralitas TNI baik sebagai individu maupun satuan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan datang.

Pantauan Wartawan Fortiter News, pukul 09.50 wita upacara peringatan HUT TNI ke-73 selesai dilaksanakan dan dilanjutkan dengan acara atraksi yang dilakukan oleh Anggota Kodim 1625/Ngada (Yongmodo), PSHT (Persaudaraan Setia Hati Teratai) Pencak Silat, siswa-siswi SMAN 1 Bajawa, SMK sanjaya, SMA PGRI (kolonel senapan). Acara juga diakhiri Tarian Gemu Famire yang diikuti oleh seluruh hadirin dan peserta upacara. (alexpoll/fn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here