Jika kamu berencana berlibur ke NTT di tahun ini, mendaki gunung yang memiliki puncak seperti bangunan mesir kuno dapat menjadi opsi liburan yang berbeda. Berlokasi sekitar 15 kilometer ke arah selatan dari Bajawa yang merupakan pusat kota dari Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, Gunung Inerie tampak cantik dari kejauhan.

Puncak Gunung Ine Rie dari jauh

Gunung unik ini berketinggian 2.245 meter di atas permukaan laut. Untuk menggapai puncaknya para pendaki biasanya hanya butuh tiga hingga lima jam saja. Sebab, starting point pendakianmu nanti berada di dataran yang cukup tinggi yaitu Desa Watumeze.

Standar waktu pendakian yang terbilang tak begitu lama bukan berarti kamu tak mempersiapkan diri. Pasalnya, untuk meraih puncak kebanggaan masyarakat Ngada ini membutuhkan perjuangan yang lumayan. Trek yang terbilang tak mudah ini didominasi bebatuan cadas serta kerikil yang akan menjadi ‘santapanmu’ hingga ke puncak piramida.

Setidaknya, melakukan pemanasan sebelum mendaki menjadi persiapan yang paling mudah dilakukan. Medan pendakian yang tergolong licin dan sukar untuk dipijak menjadi tantangan tersendiri. Tak sedikit pula pendaki yang harus merangkak agak dapat stabil mendaki. Tentunya, dibutuhkan juga alas kaki yang mumpuni untuk menunjang pendakianmu.

Mulailah pendakianmu dari dini hari untuk mendapatkan momen matahari terbit yang memesona. Vegetasi pepohonan terbilang sedikit di Gunung Inerie, maka jika kamu memulai pendakian terlalu siang bersiaplah untuk tersengat teriknya matahari. Faktor ini juga dapat menambah beban pendakianmu.

Semakin jauh melangkah, kamu akan menemukan kawah Gunung Inerie yang cukup dalam, tepatnya di punggungan pertama. Setelahnya, medan pendakian akan semakin terjal dengan kemiringan yang cukup tajam. Berhati-hatilah saat mendaki hingga ke punggungan terakhir karena medan berbatu ini dapat membuat tergelincir jika kamu salah pijak

30 menit setelah mendaki punggungan terakhir, kamu akan melihat puncaknya yang ditandai oleh tiga buah tiang yang tertancap di tanah. Jika waktunya matahari terbit, panorama dari atas puncak sangatlah memukau dengan keindahan suasana pedesaan di kaki gunung. Begitu menenangkan.

Jika kamu enggan berlelah-lelah mendaki, terdapat alternatif lain menikmati keindahan Gunung Inerie yakni dari Aimere dan Penginapan Manulalu. Puncak piramida amat memukau jika dilihat dari dua spot tersebut. Bagi kamu yang ingin menemukan informasi lebih detail terdapat Tourist Information Center di pusat Kota Bajawa yang akan memandumu untuk mendaki gunung berapi yang masih aktif ini. Selamat berpetualang!

*Posted By F61, Fortiter News
Foto oleh indonesiakaya.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here