KUPANG, fortiter news, –  Merayakan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) Orang Muda Katolik Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui membuat berbagai aneka kegiatan perlombaan dengan tema “MEWARTAKAN KABAR GEMBIRA DALAM KEMAJEMUKAN”. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 17-22 September 2018 di Gereja Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui.

Peserta kegiatan ini adalah anak-anak sekami, OMK dan orang tua dari setiap Stasi, Kapela dan Wilayah dalam Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui. Demikian penjelasan Frid Tirik Ketua Panitia Pelaksana BKSN OMK Penfui 2019 dalam rilis kepada Redaksi FORTITER NEWS pada Selasa (25/9/2018).

“Dewasa kini dunia semakin maju hingga masyarakat pun ikut mengalami kemajuan. Banyak tanda-tanda kemajuan yang telah kita lihat bahkan kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan ini merebak ke berbagai bidang kehidupan manusia baik yang berdampak positif maupun yang berdampak negatif,” Kata Frid Tirik.

Menurut Tirik juga, dalam konteks kehidupan iman, pengaruh kemajuan teknologi yang pesat juga nampak. Secara positif kemajuan teknologi memudahkan manusia dalam menerima dan mewartakan kabar gembira. Contohnya, kemudahan manusia dalam membaca kitab suci yang sudah tersedia dalam aplikasi sehingga bisa membaca dimana saja dan bisa menyebarkan firman yang diperoleh kapan saja dan dimana saja serta lebih cepat.

Namun selain membawa dampak positif tentu saja kemajuan teknologi membawa juga dampak negative yaitu merosotnya iman akibat kehidupan yang sekular dan hedonisme. Kemerosotan iman ini agak sulit dibendung jika generasi kita terus terlarut dalam arus zaman dan tak mampu bangkit dari hantaman gelombang badai zaman. Bentuk dari kemerosotan iman yang terjadi adalah sedikitnya kepedulian umat beriman yang  menghiraukan kitab suci sebagai suatu bacaan yang wajib dibaca dan direnungkan.

Kitab suci hanya sebagai bahan pajangan di meja dan di lemari yang menandai pemiliknya sebagai pemeluk katolik yang taat. hal ini tidak saja terjadi pada orang dewasa yang sudah mengerti tapi juga pada anak-anak sebagai penerus masa depan gereja . Kesibukan orang tua dan kemajuan zaman menjauhkan anak-anak dari Kitab Suci yang mengandung firman Tuhan .

Frid Tirik Ketua Panlak BKSN OMK Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui bersama para juri

“Atas dasar pemikiran ini kami selaku Orang Muda yang tergabung dalam wadah Orang Muda Katolik merasa miris dengan kondisi tersebut diatas. Orang Muda yang pada esensi sebagai agen dari perubahan dan harapan masa depan gereja sudah sedianya untuk turut bertanggung jawab dalam membangun iman gereja dewasa kini,” Tegas Tirik.

Hal senada turut disampaikan oleh Dewi Tamatur dan Yudith Arunica. Menurut dua gadis cantik ini Gereja sudah sejak awal melalui konsili vatikan ke II dalam dokumen konstitusi Dei Verbum (art.22) yang berbicara tentang kitab suci dan kemudian menerjemahkan kitab suci kedalam bahasa Indonesia dan telah menetapkan bulan september sebagai bulan kitab suci nasional dengan suatu harapan bisa memperkenalkan dan menghidupkan kitab suci kepada setiap kalangan khususnya bagi umat katolik.

“Maka atas dasar ini pula Orang Muda Katolik Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui melalui panitia pelaksana menganggap perlu untuk menggunakan momen Bulan Kitab Suci Nasional ini dengan mengisinya lewat berbagai lomba untuk memperkenalkan Kitab Suci,” tutur Tamatur dan Arunica.

saat ditanya tentang maksud dan tujuan kegiatan Dewi Tamatur dan Yudith Arunica mengatakan bahwa, memperluas wawasan tentang ajaran-ajaran Kristus melalui kitab suci kepada anak-anak sekami, OMK, dan orangtua dalam Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui, memupuk persatuan dan persahabatan antar umat katolik dari setiap wilayah, stasi dan Kapela di Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui, menumbuhkembangkan semangat umat katolik dalam mewartakan kabar gembira tentang Yesus Kristus, menambah pengetahuan anak-anak dan orang tua tentang olah vokal yang baik, mempersiapkan kader-kader generasi penerus gereja yang memiliki wawasan dan pemahaman tentang kitab suci dan mempunyai keterampilan dalam bidang tarik suara.

ada pun jenis kegiatan yang dilombakan adalah lomba Baca Kitab Suci, lomba Mewarnai Gambar Kudus, lomba Solo Tingkat OMK (Lagu Amazing Grace, Agnus Dei lagunya Michael W. Smith, Kasih Bapa lagunya Judika), Lomba Vocal Group Tingkat Sekami (Lagu wajib : Hidup adalah Kesempatan, Lagu Pilihan : bebas /relevan dengan Bulan Kitab Suci), Lomba Paduan Suara Akapela Dewasa (Lagu wajib : Wartakan Cinta Tuhan, Lagu pilihan bebas /relevan dengan Bulan Kitab Suci). (61/fn)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here