NGADA, fortiter news – Pada hari Kamis tanggal 11 Oktober 2018 pukul 10.30 wita bertempat di Desa Sobo 1 Kecamatan  Golewa Barat Kabupaten Ngada dilaksanakan lomba pacuan kuda dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun TNI ke 73 tahun 2018 Kodim 1625/ Ngada bekerjasama dengan Pemda Ngada yang dihadiri sekitar 150 orang.

Kuda-kuda yang ikut dalam lomba pacuan itu berasal dari Kabupaten Ngada dan Kabupaten Nagekeo yang berjumlah 58 ekor dan terbagi menjadi beberapa kelas yaitu kelas A sampai kelas F ditambah kelas campuran.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Drs. Paulus Soliwoa Bupati Ngada, Helmut Waso Ketua DPRD Ngada, Letkol  inf I Made Putra Suartawan Dandim 1625 / Ngada, Kapten Inf Hamang Paso Danramil 1625-01 Surisina, Lettu Arm M Lalu Akbar Mariadi E.Pasiop Dim 1625/ Ngada, Iptu arnold Kapolsek Golewa Barat, Drs Frans Wongga Kadis Pora Ngada .

Perlombaan pacuan kuda ini untuk memeriahkan HUT TNI ke 73 dan mencari bibit unggul kuda pacu yang bisa berlomba di kancah nasional dan memberikan rangsangan dan insentif kepada masyarakat untuk tetap memelihara kuda.

Pada pukul 12.00  wita dilaksanakan pembukaan pacuan kuda yang diawali dengan doa. Pukul 12.19 wita Letkol  inf I Made Putra suartawan Dandim 1625/ Ngada memberikan sambutan.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa salah satu wujud  profesinalisme TNI dalam kegiatan olah raga dapat diambil dua yaitu fisik dan mental.

“Kegiatan pacuan ini memiliki nilai sosial dan budaya maka bisa digunakan menjadi wisata hiburan bagi masyarakat yang harus ditingkatkan. Kabupaten Ngada juga terkenal dengan daerah yang aman jangan dicoret dengan kepentingan pribadi,” harap Letkol  inf I Made Putra suartawan.

Helmut Waso Ketua DPRD Kabupaten Ngada saat memberikan sambutan menyampaikan beberapa hal sebagai berikut bahwa tahun 2018 aturan anggaran harus dua kali melaksanakan pacuan kuda dengan biaya 100 juta rupiah.

“dalam rangka mensejahterahkan masyarakat Kabupaten Ngada serta untuk menjaga keamanan masyarakat, kesenangan tidak bisa diukur dengan materi maka marilah kita ciptakan kondisi yang kondusif di Kabupaten Ngada.

Pada pukul 12.30 wita Bupati Ngada Drs. Paulus Soliwoa membuka perlombaan pacuan kuda dan pada pukul 13.00 wita Bupati bersama rombongan menikmati santap siang bersama.

Pantauan Wartawan Fortiter News, perlombaan pacuan kuda dilaksanakan hingga pukul 17.00 wita. Untuk perlombaan pacuan kuda diamankan oleh Polsek Golewa dan Koramil 1625 01 Surisina.

Informasi yang dihimpun dari lokasi perlombaan adalah pada tanggal 11-12 Oktober 2018 dilaksanakan babak penyisihan, tanggal 13 Oktober 2018 akan diadakan babak penyisihan, tanggal 14 Oktober 2018 diadakan pertandingan final, sedangkan untuk sumber dana adalah dari APBD II Ngada sebesar 100 Juta Rupiah. (alex poll/fn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here