Ilustrasi

Selasa, 16 Oktober 2018: Hari Biasa, Pekan Biasa XXVIII:PF S. Margareta Maria Alacoque, Perawan: PF S. Hedwig, Biarawati

Bacaan Injil: Luk 11:37-41
“Pada suatu ketika, selesai mengajar, Yesus diundang seorang Farisi untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Yesus ke rumah itu, lalu duduk makan.Tetapi orang Farisi itu heran melihat Yesus tidak mencuci tangan sebelum makan.Lalu Tuhan berkata kepadanya, “Hai orang-orang Farisi, kamu membersihkan cawan dan pinggan bagian luar, tetapi bagian dalam dirimu penuh rampasan dan kejahatan.Hai orang-orang bodoh, bukankah yang menjadikan bagian luar, Dialah juga yang menjadikan bagian dalam?Maka berikanlah isinya sebagai sedekah, dan semuanya akan menjadi bersih bagimu”

Refleksi :

Hampir di setiap kesempatan Yesus bertemu dengan orang Farisi. Di mana-mana, ciri kefarisian mereka secara kolektif dinarasikan oleh para Penginjil dengan gaya yang sama. Mereka tampil garang dalam observasi aturan dan hukum. Mereka sangat tidak kompromis soal gerak adat istiadat dan ritus harian. Mereka juga debater hebat jika isi teologi dan Taurat mereka digugat atau diperbaharui. Akhirnya, semua gerak mereka, di mana saja mereka tampil menjadi kaku dan keras. Ironisnya semua tuntutan regulatif ini tidak sesuai dengan sikap batin.

Yesus menegur mereka untuk menata kehidupan batiniah. Karena yang luarannya kelihatan oke, seimbang dengan aturan tetapi internalnya malah penuh kedengkian dan keserakahan, juga termasuk penuh kesombongan. Ini harus dikoreksi. Bila perlu dibersihkan setiap hari. Mengapa? Karena kita bisa saja kotor setiap harinya.

Pesan :

Tipe Farisi ada di mana-mana. Bisa saja saya, anda atau sesama sekitarmu. Yesus membantu kita semua dengan penuh kasih “Hai orang-orang Farisi, kamu membersihkan cawan dan pinggan bagian luar, tetapi bagian dalam dirimu penuh rampasan dan kejahatan.

Hai orang-orang bodoh, bukankah yang menjadikan bagian luar, Dialah juga yang menjadikan bagian dalam? Maka berikanlah isinya sebagai sedekah, dan semuanya akan menjadi bersih bagimu”. Artinya,jika bagian dalam bersih itu otomatis bersih semuanya. Semoga.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.
P. Abdul Ocd (Pastor dan Biarawan Karmel OCD tinggal di Biara Karmel OCD San Juan Kupang, NTT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here