Sabtu, 13 Oktober 2018: Hari Biasa, Pekan Biasa XXVII

Bacaan Injil: Luk 11:27-28
“Pada suatu hari, Ketika Yesus sedang berbicara kepada orang banyak, berserulah seorang wanita dari antara orang banyak itu, dan berkata kepada Yesus, “Berbahagialah ibu yang telah mengandung dan menyusui Engkau!”Tetapi Yesus bersabda, “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan sabda Allah dan memeliharanya.”

Refleksi :
Refleksi hari ini berdasarkan pada kalimat “ pada suatu hari…” . Hari-hari sebelumnya, Penginjil Lukas menceritakan pergerakan Yesus baik dalam bentuk wejangan-wejangan tentang kerajaaan Allah dan perbuatan nyata-Nya melalui mukjizat-mukjizat yang bermacam ragam.

Jedah waktu perpisahan sejak Ia keluar dari rumahnya di Nazareth dengan kedatangan Ibu-Nya Maria sudah terbilang lama dan dengan jarak yang cukup jauh. Namun kerinduan seorang ibu tetap mendekatkan mereka secara batin walaupun si Ibu hanya mampu berdiri di luar.

Ada pesan rohani yang dapat kita temukan dari kalimat “ pada suatu hari… “

– Seperti Maria, pada suatu kita akan berpisah dari keluarga: orang tua berpisah dari anak-anak, saudara berpisah dari saudaranya, dst.

– Perpisahan biologis tidak berarti menghentikan kerinduan batin untuk bertemu orang yang kita kasihi.

– Pada suatu hari, di mana Anak atau orang yang kita kasihi karena perbuatan baiknya akan dipuji dan diakui oleh orang lain.

– Pada suatu hari, seperti Maria yang keibuannya dipuji oleh sesama wanita tetapi diberi arti berbeda oleh anaknya sendiri.

– Pada suatu hari, seperti Maria harus ikhlas bahwa Yesus harus menjadi milik semua orang. Demikian pun anak-anak kita harus bekerja untuk banyak orang.

– Pada suatu hari, jika kita keluar dari “keakuan “ kita untuk bertemu Yesus dalam silentium, kita pasti dapat mendengarkan FirmanNya dan melaksanakannya.

– Dan akhirnya ‘pada suatu hari ‘ oleh karena kita bisa mendengarkan dan meresapkan FirmanNya, kita semua menjadi Putera dan puteri Allah.
Semoga.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.
P. Abdul Ocd (Pastor dan Biarawan Karmel OCD tinggal di Biara Karmel OCD San Juan Kupang, NTT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here