Senin, 29 Oktober 2018: Hari Biasa, Pekan Biasa XXX

Bacaan Injil: Luk 13:10-17
“Pada suatu hari Sabat Yesus mengajar dalam salah satu rumah ibadat. Di situ ada seorang wanita yang telah delapan belas tahun dirasuk roh. Ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak. Ketika Yesus melihat wanita itu, dipanggil-Nyalah dia. Lalu Yesus berkata, “Hai ibu, penyakitmu telah sembuh.” Kemudian wanita itu ditumpangi-Nya tangan, dan seketika itu juga ia berdiri tegak dan memuliakan Allah “

Refleksi :

Seperti ibu dalam teks Injil hari ini, dosa membuat kita“terbungkuk “. Delapan belas tahun, artinya selama itu kita dibebani dengan dosa. Beban dosa itu membuat kita tak berdaya, juga merasa gelisah, malu, tertekan, dan lain-lain. Pengalaman batin demikian membuat kita tidak mampu “berjalan tegak “ di hadapan Tuhan dan sesama.

Pesan :

Kali ini, tidak seperti biasanya kesembuhan itu bermula dari permohonan orang sakit atau orang berdosa, Yesus sendirilah yang berinisiatif untuk menyembuhkannya. Artinya, Yesus melihat derita batin kita. Ia tahu ikatan dosa yang membebani kita selama ini. Ia berbelaskasih kasih kepada kita dengan rahmat pengampunan yang membebaskan. Kita dibuatnya “berdiri tegak lagi “ di hadapan Tuhan dan sesama. Maka, kita yang telah mengenal Kristus, tetaplah beriman kepadaNya, agar Roh jahat tidak menguasai kita dan membuat kita “terbungkuk’, terkapar, terkurung dan akhirnya terkubur. Semoga.

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.
P. Abdul Ocd (Pastor dan Biarawan tinggal di Biara Karmel OCD San Juan, Kupang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here